Rabu, 20 Oktober 2010

Bengkulu Terapkan SIAP Online



Program tersebut dibagi atas lima bagian yaitu SIAP Siswa, yakni sistem pelayanan online untuk mempermudah akses yang menyangkut akademik siswa sehingga siswa dapat leluasa melihat nilai setiap semesternya.


Kemudian SIAP Guru suatu program yang diarahkan mempermudah guru dalam mengolah, mengakses informasi administrasi akademik tempat dia mengajar.

Selanjutnya SIAP Orang Tua yang bertujuan untuk mempermudah orang tua memantau putra-putrinya di sekolah sampai kepada nilai akademik dan prestasinya, papar Kasubdin Perencanaan Dispendik Kota Bengkulu, Drs Gianto.

Oleh karena itulah, pihaknya meminta agar seluruh sekolah sudah mulai mengaktifkan dan mengisi data SIAP online.

Mulai tahun ini menggunakan metode baru. Format pengembangan tersebut dilakukan pihaknya menyesuaikan dengan format SIAP online yang sebelumnya telah disosialisasikan.

Meskipun saat ini hanya tercatat 40 SMP,SMA dan SMK saja yang telah siap online. Namun direncanakan, seluruh sekolah juga akan menuju SIAP online.

Khusus TK kita masih menggunakan seluruh Kepsek karena operatornya belum ada. Sedangkan ditingkatan SD,SMP, SMA dan SMK sudah menggunakan operator untuk pelayanan Tehnologi Informatika Komputer (TIK), jelasnya.

Nantinya, seluruh data manual yang sebelumnya dimiliki sekolah akan dimasukkan kedalam format SIAP online. Dan kemudian akan dijadikan profil pendiddikan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bagian lainnya yakni SIAP Dinas yang bertujuan untuk mempermudah pengolahan data-data pendidikan antar dinas dalam ruang lingkup Diknas.

Terakhir SIAP Sekolah bagian dari program yang bertujuan memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk melihat nilai, jadwal ujian sampai kepada hasil rapor.

Program SIAP Online yang di jalankan Diknas Kota Bengkulu merupakan satu-satunya program pelayanan online bidang pendidikan di pulau Sumatera.

Sumber : http://www.bengkuluekspress.com/ver3/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=28&artid=22624

Tidak ada komentar:

Posting Komentar